Jumat, 09 Juli 2010

Upgrade Misi Hidup

Bismillahirrohmaanirrohim,

Kita memerlukan Upgrading dalam software kehidupan kita, bukan hanya kondisi terkini menuntut sesuatu yang updated, namun juga karena tuntutan dan dinamika kehidupan berjalan maju selangkah semi selangkah meninggalkan "sejarah".
Misi hidup ibarat sebuah OS (operating system) dalam hidup kita, dan OS yang terbaik adalah yang selalu melakukan Upgrading lebih baik setiap waktu.

Jum'at kemarin saya mendapatkan input baru tentang "amal shalih" yang kita lakukan, yang ternyata ibarat filling report otomatis yang terkirim secara real time, ke Sang Maha Pemilik. Activity report,progress report,Forecasting Report dan Planning report pribadi kita yg tersusun dalam filling report kita,
Rupa2 nya terkoneksi dengan Server alam semesta yang luar biasa rumit ini. Sang Maha Rahman menerima filling report lengkap setiap saat. Seluruh nya tergantung kita mengisi file tersebut.

Jadi related manakala mencoba membandingkan antara filling report tsb dengan Misi kita dalam kehidupan ini, Fardhu ain yang seharusnya sudah dengan sadar kita tunaikan, selayaknya sudah harus dilanjutkan dengan Fardhu Kifayah, sebab seorang yang sudah melanjutkan step fardhu ain (kewajiban pribadi) menuju step fardhu kifayah (kewajiban pemimpin), pada dasarnya adalah ummat yang diimpi impikan oleh Kanjeng Nabi.
Dunia dan isi nya terkadang menjadi hambatan tersendiri manakala kita akan melakukan 2 misi besar hidup kita tersebut.

Di dalam lingkup diri sendiri, amalan fardhu ain terakumulasi menjadi wadah taqwa. Dan dalam lingkup keluarga, masyarakat dan lingkungan sosial yang ada disekitar kita, maka amalan fardhu kifayah dirasakan manfaat nya. Ditengah dinamika kehidupan yg sangat "melaju begitu kencang ini" maka focus pada amalan fardhu ain sudah selayaknya jadi daily activity rutin yang harus saya selesaikan.
Sebagai seorang ayah, minimal saya harus mencoba memberi warna itu, agar titipan Sang Khalik bisa merasakan betapa hidup...membutuhkan raw model nyata. Sebagai bukti nyata rasa syukur atas kesempatan yg diberikanNYA, maka hari ini Insya Allah...rasa syukur itu harus diwujudkan, dalam bentuk silaturrahmi keluarga yg bertema, Titipan Sang Khalik yg harus di rawat dengan baik dan benar.

Salam, RM

Tidak ada komentar: