Minggu, 11 Juli 2010

Era Education, Budget Education

Bismillahirrohmaanirrohim.

Setelah kami sekeluarga melepas Sayyid untuk mondok, kami harus segera menset-up frequensi kehidupan kami sama dengan frequensi pendidikan yg Sayyid terima di pesantren, agar apa yang kami harapkan dari proses yg terjadi dalam kehidupan sayyid pada dasarnya sama frequensi nya dengan apa yang kami rasakan dirumah saat ini.
Ini sangat perlu sekali mengingat effect dari sebuah proses yang baik bisa memberi synergy positif terhadap kehidupan sekitar nya.

Ada moment yang baik bila direnungkan dengan mondoknya Sayyid, yaitu Era education terhadap seluruh keluarga saya, termasuk saya sendiri. Pendidikan dan pembelajaran yang kami alami saat ini Alhamdulillah memberi sebuah momentum baru sebuah proses pembelajaran baru kehidupan selanjutnya bagi kami.
Saat saya melepas Sayyid, terpikir dalam benak ku betapa modal yang saat ini ada, begitu optimal digunakan, yaitu modal waktu. Karena hampir 65 % seluruh waktu yg diberikan sayyid digunakan untuk seluruh aktifitas dan kegiatan pembelajaran yang dia terima dari lingkungan yg positif. Waktu istirahat ditentukan dari pukul 21.00 s/ 05.00 (33 %).
Bagaimana dengan kami..?? Keluarga di sekitar Sayyid?

Kami mencoba menyelaraskannya dengan Budget yang ada (kendali yg kami miliki). Sebab waktu yg kami jalankan berbeda, demikian juga dengan kakak dan adik2 nya, masing2 memiliki kegiatannya sendiri.
Yang pasti, era education memiliki implikasi kenaikan Budget (nama nya juga investasi), yg sangat significant, dari awalnya yg hanya 3% (semua sekolah Negri) menjadi sekitar 15%. Kenaikan 10% lebih ini Insya Allah akan kami konversikan dengan adjustment Budget Family Gathering. Dimana semua keluarga sudah komit untuk memberikan Support ke Sayyid, dan tidak ada lagi jalan2 ke Mall dsb. Yang ada mengunjungi Sayyid.
Kalau ini terjadi maka Budget education yang meningkat akan terkonversi secara sendiri nya dengan berkurang nya aktifitas Family Day yg umum terjadi.

Adapun peningkatan uang saku akibat era education, Alhamdulillah bisa dikonversi dengan menurunnya tingkat Liability yang sudah bisa dibawah 10%.

Semoga. Keberadaan Sayyid di Pesantren bisa memberikan akselerasi positif dan meningkat dalam seluruh segi kehidupan ruhani,emosional dan skill kami semua, mungkin ini yang disebut dengan BERKAH...amin.

Salam, RM

Tidak ada komentar: