Sabtu, 06 Juli 2013

ROMANTISME RAMADHAN ....

Bismillahirrohman nirrohim,

2 Hari lagi, Ramadhan akan tiba, seluruh alam semesta terasa sudah menunggu 11 bulan untuk kembali pada Bulan yang penuh dengan berkah ini, serasa menantikan sang "pacar" datang kembali kedalam Romantisme Ruhiyah.

Masa kecil, masa remaja dan masa2 awal kami membangun sebuah Keluarga, harus kami akui  Ramadhan memberikan tempat tersendiri bagi kami, minimal di Bulan inilah kami awal2 nya di ajarkan untuk Sholat berjamaah bersama istri dan anak2 kami, dan saya berdiri sebagai Imam. Dibulan inilah kehidupan pagi (baca Shubuh) diisi dengan sebuah Wadah komunikasi dan sedikit canda dan tawa, subuh yang Indah. Dibulan ini pula kami menagjarkan untuk "Menyendiri" di dalam diri kita sendiri untuk mencoba melakukan introspeksi total, didalam "I'tikaf". dan dibulan ini pula kami diajarkan untuk kembali menuju Kompas Kehidupan kami seluruhnya, dengan Al Qur'an.

Udara shubuh dan dingin nya dinding2 pembatas langit dan bumi, di tengah pergulatan munculnya mentari pagi, adalah episode tersendiri di dalam Ramadhan, karena Irama dan suasana syahdu ini, mengingatkan kembali Romantisme Ramadhan di dalam kehidupan kecil kami. Masa kecil kami 35 tahun lalu, belum penuh dengan media elektronik dan Televisi, Kehidupan sosial kami saat itu begitu kental dengan Pergumulan dengan lingkungan dan teman2 dan berjuta juta kenangan tentang suasana Ramadhan di seluruh waktu nya, dari Sahur hingga usai Tarawih. 

Mencoba melihat masa kini dengan cermin masa lalu, bisa di ibaratkan dengan mencoba merencanakan masa depan dengan sekejap melihat kondisi saat ini, Dinamika yang terus berubah dan bergejolak. Dunia sosial yang perlahan berubah pada individualisme sempit, Kecanggihan teknologi yang membuat diri sendiri "seakan terlenakan" dengan asyiknya. Mobil yang sudah menjadi Rumah Kecil untuk sekedar menjadi Wadah komunikasi Keluarga di Abad ini, Blackberry yang sudah menggantikan peran Ruang Keluarga di era digital saat ini. Media yang berubah, namun suasana dan Nuansa nya tetap sama, Romantisme yang diciptakan tetap serasa Indah... Kebersamaan.

Mungkin itu juga yang menyebabkan salah satu Asma'ul Husna Allah swt, ada yang bermakna BERKUMPUL, membuat semakin yakin hati ini, kalau Ramadhan adalah masa dimana proses Metamorfosis kehidupan setiap manusia terjadi, proses Metamorfosis kehidupan anak2 kita yang berubah wajah dan bentuk fisiknya, saat Ramadhan, Proses perubahan watak dan Emosi kita, saat Ramadhan, dan Proses Kecintaan dan rasa sayang kita, saat Ramadhan...Proses kembali kepada JATI DIRI kita sendiri, yang sesuai dengan FITRAH Kemanusiaan itu sendiri, Persis bersamaan dengan datang nya Ramadhan.

Romantisme Ramadhan.. Semoga Ramadhan kali ini, membawa berkah tersendiri di dalam kehidupan kita masing-masing... dan Metamorfosis kehidupan kita berjalan, secara dinamis di dalam Ramadhan, untuk menjadi manusia yang Jauh lebih baik...amin.

Salam,
RM

 

Tidak ada komentar: