Selasa, 16 Juli 2013

METAMORFOSIS 3 : MELIHAT KESULITAN DALAM SATU PAKET KEMUDAHAN

Bismillah hirrohman nirrohim,

Kesulitan Hidup, bisa di ibaratkan dengan DURI, yang menyakitkan dan cenderung di jauhi oleh semua orang, lumrah dan sangat logis. Apalagi jika kita tidak memiliki IMAN dan KEYAKINAN akan Hikmah dan Pelajaran yang tersembunyi di dalam nya.


Berapa Tahun yang lalu, di Ramadhan saya menemukan sebuah PUZZLE untuk menempatkan Kesulitan pada porsi yang benar, dalam Surat AN-NASR (surat ke 94), Sang MAHA PEMBERI menyatakan 2 kali, tentang bagaimana menempatkan Kesulitan Hidup itu dengan Benar, Pernyataan dan Statement nya jelas  :  DIDALAM  KESULITAN  ADA  KEMUDAHAN.

Mari kita lihat seorang anak kecil yang sedang Belajar berjalan, apa yang terjadi di awal periode sulit pencapaian (Bisa berjalan) itu, sering ditemukan Benturan, Hambatan, Kesakitan bahkan terkadang luka, yang sebenarnya cukup untuk menghentikan proses Belajar Berjalan tersebut, apabila kita sebagai orang tua menghentikan Proses itu, dan memberi anak kita Babby Walker, bisa dipastikan proses Berjalan dengan sempurna akan sulit dihasilkan.

Demikian juga dengan apapun pencapaian2 yang kita inginkan dalam kehidupan ini, maka Kesulitan yang didapatkan, pada dasarnya adalah 1 paket dengan Kemudahan yang ada didalam nya, ibarat sebuah Pasangan Abadi, dengan demikian jika kita melihat hanya ada beberapa orang saja yang sudah mencapai Kemudahan (katakanlah pencapaian Kesuksesan), maka pada dasarnya orang tersebut sudah merasakan Kesulitan2 yang jauh lebih besar dari apa yang orang lain (orang gagal) rasakan. Jadi, KESULITAN itu ibarat KULIT LUAR  dari sebuah KEMUDAHAN  atau bahkan kenikmatan yang ADA DI DALAM NYA, hanya saja sebagian besar kita, belum bisa merasakan dan menemukan nya.


Jadi, lihatlah KESULITAN dan KEMUDAHAN itu dalam sebuah Paket PEMBERIAN TUHAN, yang tak mungkin dapat dipisahkan, seperti layaknya buah DURIAN, yang memang BERDURI dan TAJAM, namun semakin kita pintar membuka nya, maka KEMUDAHAN dan kenikmatan ada didalam nya.

Salam,
RM


Tidak ada komentar: