Jumat, 17 Maret 2017

TAUBAT, SEBAGAI RESET ULANG (SMARTPHONE)

Bismillahirrohman nirrohim,

QS  Yunus - 4
Hanya kepada-Nya-lah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka. 

Cerita ini bermula ketika saya ingin memperbaiki Smartphone saya yang selalu muncul "Memory anda penuh" dan pada akhirnya mengakibatkan kerjanya jadi Lemot, dan sering Hang, dan setelah saya cek ternyata kapasitas Internal memory nya tersisa hanya dibawah 500 MB (dari kapasitas total internal Memory 10 GB). Pada awalnya saya hanya ingin meminta counter HP untuk memindahkan semua file2 yang tidak berguna (yg memenuhi Internal Memory) untuk dipindahkan ke external memory (untuk bisa di pindahkan sehingga kapasitas internal Memory nya bisa lebih besar), karena banyaknya file2 yg tidak digunakan lagi yg saat ini tersimpan di internal Memory.

"Harus di reset ulang pak..!!" itu kata teknis Smartphone nya, "lalu data2 nya bagaimana Pak..??" tanya saya, " Yah Bapak harus memindahkan dulu data2 penting, seperti database contact dll, sehingga saat nanti di Reset ulang, Bapak tinggal pindahin lagi (ekspor / import data contact misalnya)"..!!"

Akhirnya saya coba lakukan sendiri proses reset Pabrik yang ada di Smartphone tersebut, dan hasilnya .... MERUBAH  PARADIGMA SAYA TENTANG  UPDATE SOFTWARE.

UPDATE SOFTWARE  BISA  MERUBAH / MENINGKATKAN  KAPASITAS  HARDWARE.

Ini layaknya sebuah penemuan baru buat saya, karena setelah Update Software dilakukan, tanpa saya harus mengganti HP maupun memory internal tuh smartphone, ternyata Kapasitar penyimpanan Internal Memory saya meningkat dari awalnya 10 GM menjadi 16 GB. Dan keuntungan lainnya, Space internal Memory saya yg awalnya tersisa sekitar 500 MB, saat ini setelah di Update meningkat menjadi 8,5 GB.

Sebuah Pelajaran berharga buat saya di Hari Jum'at kemarin, PELAJARAN TTG SEBUAH PARADIGMA BARU KEHIDUPAN, dimana awalnya saya selalu berfikir bahwa Update Software "Merugikan" User, karena dengan Software yang baru, maka ada beberapa tambahan (Upgrade aplikasi program yg menggunakan media baru (GPS, Video dll), yang pada akhirnya akan membutuhkan kapasitas tambahan Memory, yang ujung2 nya harus mengganti HP dengan Memory yang lebih besar.

Ternyata Jum'at kemarin saya mendapatkan kenyataan yang berbeda, dan dengan secara "selektif untuk install hanya beberapa aplikasi2 yang penting saja" dan intinya :  DENGAN  MENGEMBALIKAN / RESET ULANG SOFTWARE, MAKA KAPASITAS INTERNAL  MEMORY KEMBALI KOSONG, SPACE MENJADI LEBIH BESAR, DAN FILE2 YANG TIDAK BERGUNA "TERBUANG" DAN DIISI DENGAN  FILE2 BARU YG UPTODATE".

KEHIDUPAN  LAYAKNYA  SEPERTI SMARTPHONE.

Saya sering mengistilahkan Kapasitas manusia layaknya seperti smartphone, dia awalnya Bersih (seperti setup awal Pabrik), hanya kita (sebagai user) yang akan mengotori dengan Junk file (file sampah), atau mengisinya dengan Program2 berguna, Hidup terkadang terlalu SUMPEK, dan memerlukan Reset ulang, manakala  Meory dan Kapasitas kita dirasakan semakin LEMAH, disitulah Peran PENCIPTA meginformasikan bahwa kita Perlu KEMBALI, perlu TAUBAT.

Makanya Puasa Ramadhan yang dijalankan dengan benar, akan berakibat pada KEMBALINYA kita pada kehidupan seperti layaknya BAYI, bisa diistilahkan bahwa PUASA Ramadhan bermanfaat untuk mereset ulang Software kita, Mereset Ulang Pabrik lebih tetaptnya, sehingga kapasitas Internal Memory kita bertambah besar & menghapus File2 sampah yang tersimpan lama di Hati dan Kepala kita, Subhanallah.

Hari ini, sudah memasuki hari Pertama dibulan RAJAB, artinya 2 bulan lagi, kita akan memasuki masa RESET TOTAL RAMADHAN untuk kita, untuk Kehidupan kita masing-masing. Sehingga di akhir Ramadhan nanti, kita memiliki KAPASITAS INTERNAL MEMORY BARU.....!!! dan menginstall aplikasi2 baru yg lebih canggih, tanpa Lemot, tanpa Hang, dan .... NGGA PERLU GANTI SMARTPHONE (maksudnya ngga harus Reinkarnasi dari anak2 kita).

Kehidupan mengajarkan 1 hal buat saya saat ini, mari terus belajar..Tetaplah LAPAR, tetaplah BODOH.

Salam menuju Ramadhan,



Tidak ada komentar: