Kamis, 09 Maret 2017

GANTI RIBA - REVOLUSI TOTAL (Keuangan), JIHAD MASA DEPAN

Bismillahirrohman nirrohim,

"Bro, gue mau jual 100% saham gue ke Group UT.. karena gue udah insyaf, dan mau mulai lagi dari Awal untuk Created bisnis yang bener.." Ucap sahabat gue saat menyadari bahwa Bisnis yang digeluti dia selama ini menggunakan Fasilitas pinjaman Bank (yg dianggap sbg RIBA).

"Bro, gue jual semua Property bisnis gue sekarang... Gue Hapus semua Liability dalam kamus laporan Keuangan Perusahaan Gue... " Itu Sohib gue juga yang puluhan tahun main di Property.

Ini bukan cerita dalam dongeng, ini secuil dari Gelombang Gunung Es yang akan menerpa wajah Dunia Muslim saat ini, Gelombang Kesadaran akan BAHAYA RIBA didalam aktivitas Bisnis yang digeluti saat ini.


AKAR  MASALAH.
Sebenernya ini Ibarat mencabut Pohon yang sudah Ratusan Tahun tumbuh, butuh Extra Effort luar biasa untuk menghapus Definisi RIBA didalam kehidupan kita saat ini, bayangkan Sekolah saja masih mengajarkan Ilmu Akutansi yang SALAH... dimana dalam laporan Keuangan digunakan Hukum  :  Asset = Liability + Equity. 

Senior Chief Accounting (SCA) akan protest, "Dimana salahnya Bro...??" dari jaman Kuda Gigit besi juga begitu..A=E+L ..!! , jawab gue enteng, kalo Modal nya mendekati 0 atau bahkan = 0, berarti Asset sama dengan Hutang dong...???  dan itu yang terjadi di beberapa Perusahaan yang bangkrut saat ini.

Mari kita lihat Flow dari Activity Usaha pada Umumnya.


Coba kita analisa dengan baik Sebuah laporan Keuangan dari sebuah Perusahaan, dimana sering didapati fakta kalau Size (Asset) dari sebuah Perusahaan menjadi barometer dari sebuah Target Pimpinan Perusahaan, mereka tak Perduli dengan indikator DER yg sering melampaui  100%, padahal  DER diatas 100% buat orang yg sehat berfikirnya merupakan BENCANA, karena apa??  karena Cost of Money yang muncul pasti tidak adil  (Biasa nya Cost of Money nya melebihi Labour Cost), yang pada akhirnya memunculkan Pemikiran...."Masih ada yah Penjajahan di Dunia ini...!!!"


FITRAH  (HUKUM ALAM)  MENGAJARKAN KEADILAN.

Beberapa teman mempertanyakan Konsep menghilangkan Riba (Financial dari Bank) sebuah Pemikiran yang "tidak mungkin dilakukan" dari Kehidupan Modern saat ini, Kata Siapa..?? kalau itu Pendapat para Bankir2 kelas Kakap mungkin saja Pemikiran itu harus dibuat, agar ia bisa digiring berfikir seperti itu, karena mereka punya kepentingan untuk tetap "Berkuasa" atas "Interest" yang mereka terima.

Contoh Konkrit :  APPLE  sebuah Perusahaan Besar di Dunia saat ini, menerapkan konsep ini. UBER dan Startup lain seperti GOJEK dan  AMAZON  didanai oleh para  BANKIR2 Gede Dunia. Mereka tidak berharap Interest (Bunga Bank) lagi, tapi mereka Focus pada Fee Base Income yang nantinya mereka akan terima.

Lalu kita bertanya, Kok bisa yah..?? Pemain Besar beralih semua Mind Set nya dari Interset Base Income menjadi Fee Base Income, sementara kita2 yang tinggal di Dunia Berkembang masih saja menggunakan  Pola berfikir Interest base Income..?? Oh.. itu karena Kita masih bisa di JAJAH sementara mereka sudah Tidak bisa ..!!! .." Elo jangan Provokator gitu dong berfikir nya..!!' Sanggah beberapa teman.  "Bro.. Fakta nya ... Rate kita masih diatas 7%, sementara mereka mendekati 0%" dan fakta itu sulit terbantahkan.


DARI MANA  KITA HARUS MEMULAI NYA..??

Beberapa Teman menyadarinya dari Kaca mata Spiritual (yang tidak lagi nyaman untuk menggunakan RIBA sebagai tools untuk menggapai mimpi2 nya..Alhamdulillah, contoh alinea diatas bisa menjadi bukti untuk itu. kalau saya justru melihatnya dari kaca mata Realita yang ada, dimana menghilangkan RIBA pada dasarnya memberikan NILAI yang terbaik buat User (Pelanggan).

Coba anda lihat gambar diatas, semakin anda menghilangkan RIBA, yg pada akhirnya mengurangi Cost of Money, menurunkan Interset Cost, pada akhirnya akan menurunkan Harga Jual Product yang anda jual, dengan demikian Ciustomer menikmati HARGA yang ADIL. Perusahaan anda jauh lebih Competitive dibanding Perusahaan sejenis yang menggunakan Dana Bunga dari Bank.

Kesadaran akan terjadinya Kesalahan dan berusaha memperbaikinya, jauh lebih baik daripada Sadar akan Kesalahan, tapi tidak berani Berbuat Sesuatu ... untuk memperbaikinya.

Saya Bermimpi... Menikmati Kedamaian, dalam Hidup tanpa RIBA. dan Mimpi itu saat ini terlihat nyata.

Sambil menikmati malam Jum'at.










Tidak ada komentar: