Selasa, 19 April 2011

Tour of Java 2011



Bismillahirrohmaanirrohim,

Di Penghujung April 2011, kami diberi kesempatan untuk mengikuti Rihlah (perjalanan) yang menurut Hemat saya, adalah sebuah perpaduan antara Seni (Seniman), Usaha (Bisnisman), Religi (Rohaniwan), Budaya/Character (Budayawan). 4 pilar kehidupan yang Insya Allah memberi kami sebuah isnpirasi dan value dari sebuah Tempat bernama JAVA.

Walau perjalanan kami hanya melintasi Jawa Barat-Jawa Tengah, namun sudah mendekati keseluruhan nya (Jawa Timur diwakili oleh Kudus, sbg kota perbatasan).

SENI (SENIMAN).
Hidup dengan Seni (Art) merupakan anugrah yg di teteskan Allah swt pada beberapa insan, dan explorasi thdp seni ini melibatkan sisi otak sebelah kanan.

USAHA (BISNISMAN).
Kehidupan memerlukan alat (Finance) dalam proses perjalanan nya, Usaha secara benar dan Halal merupakan keniscayaan yang harus diberikan sesuai dengan porsi nya, Otak kiri memerankan peranan, khususnya dalam memperhitungkan Risk Management yg ada.

RELIGI (ROHANIWAN)
Ruh, ibarat sebuah Battery kehidupan, Motor penggerak, dan Inti POWER dari setiap aktifitas kehidupan kita. Kita perlu melakukan Charging atasnya.. Alhamdulillah Allah swt memberikan itu dalam JIWA setiap diri kita.

BUDAYA / CHARACTER / ATTITUDE (BUDAYAWAN).
Falsafah Jawa spt : Urip iku Nguripke, merupakan perwujudan sebuah Character Building yang harus dibentuk oleh proses pembentukan diri kita, karena ini adalah sebuah Fardhu Khifayah, diperlukan dan HARAM & BERDOSA hukumnya bila tidak ada yang melakukan nya.

4 Pilar kehidupan itu harus saling menunjang, saling menguatkan, tidak ada yg lebih panjang salah satu nya, tidak ada yg boleh lebih kuat salah satu nya, karena bila tidak, maka keseimbangan hidup akan terjadi. Pilar itu juga yg dalam Islam lebih terjewantahkan dalam proses RUKUN ISLAM, Syahadat (RUH,Character), Sholat (USAHA,Character,ART,RUH), PUASA (ART,USAHA,Character,RUH),Zakat (Ruh, Character,Art,Usaha), Ibadah HAJI (Ruh,Usaha,Art,Character).

Di MASJID, kami menemukan 4 Pilar tersebut sebagai sebuah SIMBOL, dan Alhamdulillah dalam 5 hari perjalanan kami tersebut, Masjid Agung Cirebon, Pekalongan, Demak,Kudus, Solo, Jogyakarta menuliskannya dalam sebuah Sejarah Nyata. Nusantara dengan Kerajaan Islam nya.

Untuk anak2 ku, Sejarah di sini pernah terukir, dengan tinta emas nya, bahwa kita pernah menggapainya, dan kita semua sebagai pewaris sejarah, seharusnya memperkaya kembali dengan Creation kita sendiri, yang bertumpu pada 4 pilar tersebut.

Insya Allah,
April - 2011 by Rois Muslim

Tidak ada komentar: