Jumat, 29 April 2011

Bagus, Management Pengelolaan Masjid Istiqlal sekarang

Bismillahirrohmaanirrohim,

Ada kekaguman tersendiri, manakala melihat dan mengunjungi Masjid terbesar di Asia Tenggara, Istiqlal...berbeda sekali dengan management pengelolaan yang dilakukan beberapa tahun lalu, dimana saya mengunjungi masjid ini.
Sejak memasuki halaman, dan meninjau WC, saya sudah melihat terjadinya perubahan secara dramatis terhadap pengelolaan kebersihan nya...dahulu, Istiqlal sebagai masjid terbesar di Jakarta, bisa diibaratkan tempat para pedagang asongan, tempat para gelandangan...yang sangat kotor dan amburadul management nya.
Sekarang, sebagai warga Ibukota, saya bangga memiliki kaum yang mau me manage Masjid ini menjadi lebih baik "Luar biasa, sekarang Istiqlal di Manage secara baik...!!" Itu pujian saya, yang saya sampaikan kepada petugas satpam dan penjaga penitipan sandal, "Jangan kalah ama management Masjid / Mushola di Mall Artha Gading, karena ini milik bangsa..!!"

Sebuah apresiasi harus kita sampaikan, manakala kita bisa membayangkan sebuah karya ...memanage sebuah tempat ibadah adalah seni tersendiri, dan sering terjadi benturan kepentingan yg tak akan pernah berhenti. Seorang Manager haruslah menjadi tempat dimana segala inspirasi,value, rencana, dan aktifitas berwadah. Manager Masjid apalagi, karena disatu sisi ini adalah rumah TUHAN.
Terkadang kita sebagai Hamba sering mengatas namakan Tuhan, untuk melegalisasi kemelaratan, kita sering mengatas namakan Tuhan demi kemiskinan, kita sering mengatas nama kan Tuhan, demi kelaparan...dsb, namun kita juga terkadang lupa, bahwa Asma nya jauh lebih Maha Indah..Maha Suci..Maha Agung..Maha Mulia...Maha Kasih..Maha Besar...dll.

Pilihan memindahkan kemiskinan dan kemelaratan pada tempatnya...bukan menyingkirkan Asma Nya...namun menyadarkan bahwa Kemelaratan, Kemiskinan dan kelemahan..adalah musuh Ummat, yang harus dihilangkan....
Tepat rasa nya, agar Pengelolaan Masjid Istiqlal, bisa dijadikan contoh betapa sebuah Masjid, bukan tempat untuk meminta-minta...namun tempat untuk memberi....Keindahan dan kebersihan yang sudah di wujudkan oleh Team Management pengelola Masjid Istiqlal, patut di apresiasi, minimal di contoh oleh masjid lain nya di Negri ini...

Salam, Rois M

Tidak ada komentar: