Sabtu, 10 September 2011

Merenung ... Apa yang terjadi dg anak2 ku ...??

Bismillahirrohmaan nirrohim,

Saat merenung masa lalu, dimana kehidupan kami semua saat kecil (th 70 an), ada sedikit refleksi dalam kaitannya dengan perilaku anak2 ku saat ini, terlintas terlihat betapa terfasilitasi nya mereka, baik dalam kegiatan2 sosial mereka maupun dengan apa2 yang mereka terima saat ini, adalah menjadi tugas kami sebagai orang tua, untuk membimbing dan bertanggung jawab terhadap akhlak dan perilaku mereka, agar dimasa2 dewasa mereka nanti, kita sebagai orang tua sudah mendidik dengan benar.

Berkaca kepada kehidupan orang2 besar, yang mendidik anak2 nya secara prihatin, berdisiplin dan bertanggung jawab, mengharuskan kami mengkaji, pola asuh yang terlalu longgar, yang saat ini kami terapkan. Perlu kiranya saya harus menjaga jarak kepada mereka, agar mereka juga bisa menemukan jati diri mereka secepatnya.

Secara emosional, Insya Allah mereka sudah dekat dengan Mamah nya, dan tugas saya sebagai ayah, hanya memberi contoh tauladan..layaknya seperti Lukman Hakim, yg diceritakan dalam AlQur'an.

1. Seorang anak harus dididik secara benar dalam konsep Tauhid yg benar, Kewajiban dan tanggung jawab mereka pada diri mereka sendiri, dalam arahan dan nilai2 ajaran Illahi, harus tertanam kuat didalam alam bawah sadar mereka.

2. Berbuat baik kepada Ibu Bapak...adalah sebuah kewajiban ke 2 setelah Tuhan, khususnya kepada Ibu nya. Yg telah melahirkan dia dengan susah payah.

3. Bersabar dalam segala hal.

Proses bersabar, ibarat sebuah Metode alam. Dalam menggapai, dalam mencapai, dalam apa pun, diperlukan kesabaran. Insya Allah sebagai orang tua dan anak, saya akan mengamalkan, khususnya point 3.

Wassalam, RM

Tidak ada komentar: