Jumat, 23 September 2011

Krisis Financial ibarat Banjir

Bismillahirrohmaan nirrohim,

Saat ini kita semua mengamati terjadinya krisis Financial Global yang sedang mengarah ke benua Eropa, dengan volume kerusakan yang diperkirakan sebesar Euro 300 Milyar.

Saya ingat betul 13 tahun lalu, saat krisis Financial Global menghancurkan Asia dengan Volume kerusakan ratusan Milyar US Dollar, yang korban nya tentu nya Rezim2 ekonomi yang "tertutup" dari Gelombang Ekonomi Global (termasuk Indonesia), sehingga era tersebut pada akhirnya mengharuskan Indonesia akhirnya masuk ke pusaran Global perputaran uang / ekonomi Dunia. Sisi positif nya Index kita bisa mengungguli Singapore ( 3800 ) diatas diatas Strait times yang 3600. Baru kali ini sejak Indonesia merdeka, kita bisa Unggul dalam skala Pasar Modal diatas Singapore.

10 tahun kemudian Badai tersebut menghancurkan Amerika, dengan Dasar nya yang paling rapuh, kredit kepemilikan rumah yang menghancurkan perbankan di Negara Paman Sam ini. Tidak lama setelah itu Badai tersebut menyapu Yunani dan Portugal dan Eropa pada keseluruhan nya, yang pada akhirnya Pemimpin Prancis "meminta bantuan China" untuk bisa membeli surat Hutang Eropa, yang sepertinya akan disetujui China, dengan satu syarat, memasukan Yuan kedalam keranjang Uang Dunia yg saat ini dikuasai 3 mata uang, Yen - US Dollar dan Euro.

Usul ini sedang dikaji mengingat Yuan kata nya masih tertutup.

Pondasi Keuangan Dunia sedang di uji kekuatan nya dengan Banjir (aliran keuangan yg relatif cepat) Financial yang datang melebihi kapasitas dan kemampuan irigasi (baca pondasi) serta daya serap (digunakan secara nyata & membumi ke bawah) nya.

Saya ingat betul saat Sayyid di pesantren membuat sumur resapan (Diameter 10-20 cm yang digali kedalam) pada setiap titik pada lahan yang ada, agar BUMI bisa merasakan manfaat air yang masuk saat datang dari atas, dengan demikian Banjir bisa dihindari.

Indomaret, Alfamaret, Trans TV dan jaringan2 ekonomi yang REAL, adalah sumur resapan yang actual dan dibutuhkan dalam era Financial yang semakin cepat dan dinamis ini.

Jadi, Kapan Sumur resapan (Ekonomi nyata) bisa kita buat sebanyak mungkin agar Banjir Financial bisa dihindari dan bahkan bisa dimanfaatkan...???

Salam, Rois M
Sang Pemimpi Pembuat Sumur resapan.

Tidak ada komentar: