Minggu, 26 Mei 2013

TRAVEL AGENT , USAHA SANTY BERIKUTNYA.

Bismillahirrohman nirrohim,

Ini berawal dari request Santy, "Pah temen2 ku bilang kalau usaha travel Agent, lumayan juga tuh ...!!" yang pada akhirnya menemukan tambahan kegiatan, yang awalnya sudah dimulai dengan PPOB. Alhamdulillah saat ini kegiatan dia bertambah dengan bertambahnya usaha Travel Agent, untuk periode Keagenan yang akan digeluti nya dari th 2013-2018.

Usaha, atau Wirausaha yang dia lakukan mengalir bagaikan air saja, dengan aktifitas yang dia lakukan dari rumah, memperkerjakan karyawan (orang yang Job Less disekitar) dan memberikan pelayanan jasa dan kebutuhan masarakat sekitar yang membutuhkan nya, itu inti usaha yang dia rintis pada awalnya.

Memasuki bulan ke 3 kegiatan usaha dia, memberi sebuah Hikmah tersendiri buat saya, khususnya terkait dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Company kepada saya, untuk me manage Perusahaan. Betapa diperlukan sebuah Kesabaran dan Perjuangan untuk sebuah Pencapaian-Pencapaian dan hasil yang Optimal, Diperlukan Pelayanan Prima dan Terbaik untuk Clien dan pelanggan yang kita supply.

Keuntungan dari Usaha Retail yang dijalankannya, diawali dengan Consumer Goods, memberikan saya sebuah arti penting sebuah Margin, bayangkan Margin di level 2% sampai 6% yang diambil dari Retail Cunsomer Goods, membuat saya semakin perlu menghargai Margin Usaha di bidang yang saya geluti (Margin Diatas 15%), Dalam setiap kegiatan B2C yang dia jalani, semakin saya termotivasi dan memahami lebih dalam peran B2B yang saat ini saya geluti.

Business to business (B2B) adalah sebuah pendekatan yang penuh dengan RISK, itulah kenapa Risk Management dalam mengaplikasikan B2B merupakan sebuah keharusan, Dengan memahami karakteristik usaha Bisnis yang dijalankan oleh Customer kita, semakin Focus dan Faham seluk beluk dan segala kemungkinan2 dan celah, peluang, dan hambatan2 yang terjadi, menempatkan B2B model, memerlukan typical Konsultant Bisnis didalam diri (Khususnya Hati kita), untuk memenangkan Heart Drive Pelanggan.

Adapun dalam B2C, saya mendapati sebuah pendekatan yang berbeda, dimana Segmentasi dan Customer Target yang kita tuju, mengharuskan kami memberi sebuah pendekatan yang lebih Pragmatis, dan dengan Tingkat competisi yang sangat Crowded, membuat Santy harus terus menjaga tingkat margin yang "Cukup saja". Agar segmentasi dan Target Customer yang ada ter-Develope melebar dan meluas.

"Pah, kita nanti ke Yogya untuk test masuk UGM, naik Pesawat kan, biar Papah bisa cepat kembali, Awal Juni nanti..!!" mungkin itu sebuah Request akan penting nya usaha Travel Agent, khususnya untuk Bisnis Penerbangan saat ini, Ah emang bener, Bisnis itu ngga Perlu dipikirkan, yang penting di Jalankan .... itu kata Mas Purdi Chandra, yang akhirnya menjebloskan Dia ke keadaan seperti saat ini, Nikmati saja Proses nya, Insya Allah bermanfaat. Agar anak2 ku bisa BELAJAR banyak dari Kami Orang Tua nya, Karena kami pernah mengalami dan sudah memulai nya.
   
Salam,
RM


Tidak ada komentar: