Rabu, 15 Mei 2013

BERTUMBUH (GROWING) & KEINDAHAN NYA YANG SESAAT ....

Bismillahirrohman nirrohim,

Ini cerita saya tentang sebuah Jamur yang terpajang dalam kamar tidur kami. Kami membeli nya saat Pameran TDA beberapa waktu lalu, menarik perhatian kami, karena bentuknya yang indah menjalar keluar dari sekotak kardus, bernama GrowBox.


Kisah tentang Jamur di dalam kamar kami, bisa menginspirasi kehidupan kami, khususnya untuk anak2 kami yang sedang bertumbuh, walaupun sebenarnya Pertumbuhan kehidupan pada dasarnya terjadi pada semua orang. Bertumbuh adalah kata kunci utama didalam memaknai kehidupan kita, karena dengan Bertumbuh inilah kita bisa menikmati nya, dan Passion kita akan adanya pertumbuhan inilah yang menjadikan diri kita bisa tetap Exis di dalam apapun bentuk wadah nya, baik Wadah Keluarga, Organisasi Sosial, Organisasi Kerja, maupun Organisasi Bisnis. 

Jamur yang muncul di Foto diatas, hanya muncul sekitar beberapa Jam saja, dan BESOK nya sudah Layu, sementara menunggu muncul nya Jamur tersebut dibutuhkan waktu yang relatif lama (sekitar 20 hari), Keindahan nya hanya sekejap saja...

Saya mencoba melihat Kehidupan dan Pertumbuhan anak2 kami yang sudah menanjak Remaja dan Dewasa, 17 Tahun ... serasa baru Kemarin, dan Keindahan nya ternyata sama, hanya Sesaat saja. Melihat dan mencoba mereflesikan perjalanan Kehidupan yang kita semua lalui, ternyata hampir mirip dan serupa, bahwa ternyata Keindahan nya hanya sesaat.

Jauh relatif lebih panjang, waktu untuk pertumbuhan nya, dibanding Menikmati wujud keindahan nya, lalu kenapa tidak kita nikmati saja proses pertumbuhan nya, walaupun tak berwujud bentuk nya, itu mungkin kalimat terbaik yang harus di sampaikan. "Janganlah cepat2 kita ingin menikmati dan melihat hasil Pendidikan anak2 kita ..!!" itu pesan Guru Sayyid saat melepas Perpisahan anak2 Pesantren Sahid di Bogor beberapa waktu yang lalu, rasa nya tepat menggambarkan betapa kita sebagai orang tua, kita sebaiknya tidak terburu buru untuk bisa melihat hasil Didikan & Pertumbuhan seorang anak, ditambah Media dan informasi yang berkembang begitu pesat, menjadikan banyak informasi dan data2 sampah menghinggapi Kepala anak2 kita semua.

Bertumbuh itu, tak mesti terlihat Perkembangan nya.

Sebagai Ilustrasi, bisa dijelaskan tentang bertumbuhnya Pohon Bambu, dimana secara fisik sering tak terlihat batang, daun dan fisik nya dalam beberapa tahun, namun saat muncul maka perkembangan pertumbuhan nya bisa luar biasa cepat, Saat didalam Rahim Ibu kita, 9 Bulan kita bertumbuh dengan pertumbuhan yang dinamika nya sangat2 Luar Biasa Mencengangkan, kita tidak bisa melihat nya, 5 Tahun Pertama Kehidupan manusia bisa disebut Golden Age, karena Pertumbuhan nya yg relatif TERLIHAT. demikian juga di usia 12-19 Tahun, Fisik Manusia memperlihatkan Pertumbuhan Fisik dan Emosial nya dengan Cepat.

Memasuki Usia 40 Tahun ke atas, Pertumbuhan yang diharapkan tidak mungkin lagi secara Fisik, , seharusnya Pertumbuhan diatas usia 40 tahun, memerlukan Pertumbuhan yang bersifat Metafisik, seperti Spiritual dan Sosial apalagi secara Pentahapan Hidup, Manusia diatas Usia 40 tahun, sudah diberi Anugrah Kehidupan Luar Biasa, sudah diberi pasangan Hidup, di Titipkan Amanah Anak2, Akal dan Emosional (Software nya sudah Uptodate) dan Sudah menikmati semua Kenikmatan2 hidup lain nya.... Saat untuk bertumbuh secara Metafisik. 

Memberi, adalah sebuah salah satu cara, bagi kita semua untuk bisa bertumbuh secara Metafisik, karena dengan memberi terkadang kita kehilangan secara fisik atas barang atau sesuatu yang kita berikan, namun pada dasarnya Pemberian yang kita lakukan berdampak secara Spiritual dan munculnya rasa "Bahagia" didalam hati, yang hanya bisa di rasakan secara Metafisik. So... nikmati proses nya.

Salam,
RM


 


Tidak ada komentar: