Minggu, 15 Oktober 2017

MENYEMPURNAKAN AKHLAK - TARGET SISA HIDUP INI

Bismillahirrohman nirrohim,

Kemarin, tepat di tanggal lahirku (Tahun Syamsiah - 15 Oktober), Alhamdulillah saya diberi kado special, dari Keluarga terdekat (semua anak2-ku, Istri-ku dan yg Utama Ibu-ku) dengan serantaian NASEHAT sebagai "Pesan" dan "Titipan" untuk menjalani kehidupan di sisa Usia yang ada ini, Sebuah Nasehat yang Insha Allah sangat berkesan dan berbekas sekali dalam Hidup saya.

Kalau dirangkumkan dalam 1 kata, maka Nasehat itu adalah "Perbaiki Akhlak-mu...!!!" dan itu Sangat2 berguna dan bermanfaat sekali dalam menjalankan Roda kehidupan yang saat ini saya jalani ditengah berbagai Fitnah kehidupan yang menimpa saat ini... Raabb, telah kau kabulkan Do'a kami untuk menjadikan mereka (anak2 keturunan kami sebagai Qurrota A'yun - Penyejuk Mata Hati kami).

Ada pepatah China yang harus saya ungkapkan disini yang menjadikan HATI ini serasa Bahagia sekaligus Ridho pada Taqdir-MU ini ya Rabb ... "Apabila ada orang terdekatmu menyampaikan sesuatu yang baik-baik tentang dirimu, maka masukan itu di keranjang Sampah, sementara jika ada orang2 terdekatmu memberikan masukan2 yang Jelek yang kamu miliki dalam dirimu , maka masukan itu kedalam POT EMAS dirimu"... sebuah Kalimat Bijak yang mengajarkan saya kalau TUJUAN dan Hikmah didalam Taqdir buruk kehidupan yang kita miliki, harus kita rubah... disisa umur yang tersisa ini, harus kita PERBAIKI menuju kehidupan yang lebih Baik.
  
Ternyata Islam mengajarkan 2 Pondasi ini sangat2 kuat - AQIDAH & AKHLAK.

Apa itu AKHLAK (Budi Pekerti). Secara sederhana ada 2 kata yang bisa se akar, yaitu KHOLIK (Pencipta) & MAKHLUK (Hamba). Saya tidak ingin menyambungkan Akhlak dengan Kholik (Pencipta), karena Ilmu saya masih sangat cetek untuk menjelaskan nya, tapi saya akan coba Paparkan Hubungan antara Akhlak dengan Makhluk (Semua Ciptaan - termasuk saya).


AKHLAK  &  MAKHLUK.

Setiap kita yang diciptakan (bukan Pencipta), semua disebut Makhluk, baik itu Binatang - Tumbuh2 an dan Seluruh Alam semesta, termasuk Jin dan Malaikat di langit sana. Untuk melakukan Komunikasi antara sesama Makhluk, digunakanlah alat yang bernama  AKHLAK. 

kita bisa menggunakan Komunikasi yang Baik, maupun komunikasi yang buruk, kita bisa menggunakan Komunikasi yang Benar, maupun Komunikasi yang Salah.. disitulah kita perlu Belajar. Namun semakin usia kita mendekati Ajal, sebaiknya kita harus terus menemukan Komunikasi terbaik dalam kaitan nya dengan Kebenaran (Baik & Benar).

"Sesungguhnya Aku di utus ke Dunia ini untuk menyempurnakan Akhlak" itu Statement Nabi.

"Berkatalah yang Benar, atau DIAM ...!!" itu juga Nasehat Nabi.

Ditengah berbagai Fitnah yang melanda kita saat ini, dan khususnya terkait dengan Fitnah HARTA (saya akan menjabarkan secara detail ttg Fitnah Harta yang saya maksud dalam uraian tersendiri nanti - Secara garis besar adalah spt ini (DER > 100% - sementara terlihat seperti INDAH & MEGAH nya Kehidupan Bisnis & institusi Bisnis yang ada, dalam kaitan nya dengan Hutang Riba)), sementara banyak diantara kita sebagai Ummat tidak pernah bisa memahami dan mengerti, namun hanya disajikan sebuah "Keindahan Fatamorgana" saja dari situasi yang ada saat ini.


APA ACTION - MU ....???

Ini sebum statement yang menyentuh sekaligus menyadarkan saya, kalau saya harus berbuat sesuatu untuk (minimal) memperbaiki Akhlak saya sesama makhluk. dan menyampaikan "Pesan Ad-Dienul Islam" kepada sesama Makhluk, khususnya kepada orang2 terdekat didalam kehidupan saya (Kelaurga - Istri & anaka2 kami), Saudara2 dan teman2 terdekat kami.

Belajar dan terus Belajar, juga merupakan cara untuk terus menerus menyempurnakan Akhlak.
Menjadi manusia yang Jauh lebih baik dari hari kemarin juga merupakan Penyempurna Akhlak.
Memberi yang lebih baik dari masa lalu adalah juga Penyempurna Akhlak.
Menyayangi dan bersikap lemah lembut (menghindari sifat Kasar), adalah juga merupakan Penyempurna Akhlak.

Raabb...
Jadikan di sisa hidup kami ini, Akhlak yang terbaik yang bisa engkau TUNJUKAN.
Jadikan di sisa hidup kami ini, Hidayah dan Furqon - MU untuk Hamba bisa menyempurnakan Akhlak kami, demi AD-DienMU ya Raabb.
Kuatkan dan Teguhkan kami didalam Iman - Islam MU.

Jangan jadikan kami sebagai ladang Fitnah, baik dalam Hidup kami, apalagi setelah MATI kami nanti.
Raabb....
Kabulkan semua do'a dan permintaan kami... amin.


Sang Hamba-
Rois Muslim





Tidak ada komentar: