Jumat, 27 Oktober 2017

BELAJAR DARI NEGARA EROPAH (YUNANI & SPANYOL) YG DULU MAKMUR

CATALONIA - MINTA MERDEKA DARI SPANYOL.

Sebuah pelajaran berharga buat bangsa ini, karena Hutang Spanyol yang hampir mirip dengan Yunani.... Sudah memberatkan Perekonomian mereka.
Bayangkan jika Pajak dibebankan pada seluruh Ekonomi yg bergerak di Negara tersebut, Harga2 akan dirasakan MAHAL. Beban yang terlalu berat di pundak Rakyat. Sementara Pemerintah Yunani dan Spanyol "Tidak punya pilihan" atas Biaya Operasional (plus beban Hutang), yang terlalu berat... bahasa keren nya, Hutang yang menumpuk akibat Kebijakan Defist Neraca Transaksi , Defisit Neraca... bahasa awam nya...Boleh Ngutang aja..!!.
Defisit Neraca yg dibolehkan (Teori yg menurut saya kurang tepat).
Begini loh mikir nya... kalo anda punya penghasilan 10 juta sebulan, mbok yah digunakan itu penghasilan sebesar itu, syukur2 ditabung (disimpan/ disisihkan, atau di investasikan) misal nya 10% untuk dana investasi), sehingga saat TUA nanti anda punya penghasilan atas investasi tsb.
Bukan dengan cara Menganggarkan "Belanja" (baca RAPBN dan rapat bahas Anggaran Belanja sebesar 12 juta), lalu cari Utang 2 juta. Sehingga merencanakan Belanja itu disesuaikan dengan Penghasilan & ngga boleh Belanja itu lebih tinggi dari Penghasilan.... ( Teori Ekonomi Model Jaman Kakek - Nenek kita semua ).
Atau ..?? sebenernya kita memang DIJEBAK oleh CREDITUR GLOBAL..??
Dengan Teori Defisit Neraca "dibolehkan" oleh Undang2 asalkan dibawah 3% menurut saya adalah Teori yg Salah (buktinya Yunani & Spanyol bisa Bangkrut tuh ), lagian yg namanya PDB itu kan Product Domestic Bruto, perhitungan nya masih KOTOR, kalau mau Fair, Mbo yah ngitung nya harusnya 3% dari Product Domestic Netto, baru bisa diterima oleh akal sehat secara Ekonomi.
Surplus Neraca.
70 tahun Negri ini berjalan, belon pernah saya mendengar APBN Negara kita Surplus. (Bisa disimpan penghasilannya). Lalu ngapain aja ada Profesor dan Doktor lulusan Luar Negri di Kemenkeu yah...???
Atau... mereka semua, termasuk kita-kita terlalu terlena dengan Pertumbuhan, tanpa pernah berfikir tentang "Persiapan / Tabungan" dalam bentuk "KEKAYAAN NEGARA".
Bro..Cadangan Devisa itu bukan Uang Negara semua, ada uang Swasta...
Atau.. kita mau mengulang sejarah Spanyol hari ini...pake cara Rakyat Catalonia yg mengadakan Referendum merdeka dari Negara Spanyol...Sehingga saat Creditur Global (misal Bank Dunia) menagih Hutang Spanyol, mereka bisa Selamat dan lari dari Tanggungan Hutang, karena kan yg Hutang adalah Negara Spanyol...tagihlah ke Spanyol...kita kan sekarang Negara Catalonia...(kata mereka).
Yuk... berbenah, dan lihat Sejarah Negri yg dulu nya Makmur..( Yunani & Spanyol ), namun kini hancur lebur Ekonominya.
Senyum pagi.
RM

Tidak ada komentar: