Kamis, 28 Mei 2009

Project Besar, memerlukan sensitivitas paling kecil

Bismillahirrohman nirrohim,

Ide ini muncul saja, manakala saya mencoba menganalisa bisnis Soto Betawi yang sudah kami jalani hampir 3 tahun, namun dalam 1 tahun belakangan ini kecenderungannya, berada dalam posisi "maju kena - mundur kena".

Dalam periode awal "dibangun", saya mencoba involved dengan optimal, Alhamdulillah dapat berjalan dengan sangat bagusnya, sehingga bisa memberikan profit yang lumayan, namun perjalanan waktu mengharuskan saya harus berani menerima kenyataan bahwa ternyata ada Passion (semangat & jiwa) yang berbeda, antara apa yang menjadi cita-cita kami (saya, Hardi, dan Abang Wing) dengan orang tua kami (emih & empih).

Pelajaran yang utama yang kami dapatkan adalah : Sensitivitas bisa mempengaruhi sudut pandang pikiran, yang pada akhirnya pikiran dapat mempengaruhi usaha, Usaha dapat mempengaruhi hasil.

Untuk mencoba memperbaiki kembali sesuatu yang telah dilakukan dengan cara yang salah, ternyata jauh lebih sulit dibandingkan dengan melakukan nya dengan memulai dari baru. Itulah kenapa Tuhan membentuk manusia kecil (janin-bayi-balita) jauh lebih rumit dan kompleks dibanding pertumbuhan manusia setelah itu, Remaja dan dewasa misalnya.

Bila saya ingat kalimat Pak Haji (Partner bisnis Soto Bogor, pada awal berdiri), ternyata hanya ada 1 kalimat, yang terkait dengan kemunduran usaha warung soto ini, yakni : "Bumbu dan Peran menjaga panas kuah soto, dengan mengontrol kompor,itu penting.." ternyata terbukti, karena untuk rasa, saya rasa cukup, tapi ada yang sering dilupakan, yaitu "panas nya kuah soto...!!!!!"

Ya Allah, aku mendapatkan IDE BARU, kalau sensitivitas itu memang perlu, agar segala sesuatu yang BESAR, adalah proses yang "terus menerus terjadi" dengan pertumbuhan dan percepatan yang semakin tinggi, layaknya muncul seorang bernama Rois Muslim, dari awal nya sebuah sel kecil 40 th yang lalu. Namun sensitivitas orang tua saya, 40 th yg lalu,saat memulai untuk "men-design" sel tersebut, adalah modal utama untuk menjadi saya saat ini.

Semoga ada manfaat nya,
Amin.

Tidak ada komentar: