Rabu, 17 September 2008

Lailatul Qadr di 1429 H

Bismillahirrahman-nirrahim...
Ramadhan yang benar2 berkah, khususnya dengan apa yang dilakukan oleh Santy di rumah, bagaimana tidak, ini adalah Ramadhan untuk pertama kali nya untuk dia, secara Full Time mempersiapkan buka bersama untuk seluruh umat manusia yg "berminat", dengan meletakkan seluruh makan-makanan berbuka di depan rumah...ada Kolak pisang+ubi merah+singkong, ada Risoles daging, ada martabak telor, ada Susu kacang kedelai, ada Mie & Bihun goreng, ada Pis-Cok, ada Tahu Isi + Bakwan goreng, dan tak ketinggalan, kesukaan saya sendiri : Kerupuk gendar + Kerupuk Emi yang di campur dengan Sambal kacang....

Ini bukan kegiatan yg mudah untuk dia lakukan, karena waktu istirahat nya, harus dia korbankan sejak dari Sahur, sampai selesai sholat tarawih, untuk mempersiapkan hajatan Ramadhan kali ini... Syukur Alhamdulillah, apa yang setting awalnya diniatkan untuk "membantu mempersiapkan makanan buka puasa u/ orang yg berpuasa" berkembang, menjadi sebuah "proses pembelajaran" yang sangat besar, dalam "memenuhi kebutuhan sendiri".

Mungkin ini adalah implementasi dari konsep "Wira usaha" yang harus saya pahami, dimana pijakan awalnya memang : "Membantu orang", betapa tidak ..??!! jika diperhatikan bahwa banyak orang yg pulang kerja di depan rumah, tepat mendekati waktu "buka puasa", sehingga boro-boro sempat untuk belanja & masak, maka keputusan untuk "memanfaatkan Instant Meal" merupakan sebuah pilihan terbaik disatu sisi, dan disisi lain, saya hanya bilang ama Istri saya, Santy..."Inilah bentuk amal ibadah yang bisa kamu lakukan saat ini...!!'.

Lalu, bagaimana "Malam ketentuan - Lailatul Qadr" untuk saya sendiri di Ramadhan 1429 H ini...?? Insya Allah...konsep berfikir :"Membantu orang lain" harus terus saya kembangkan pada setiap orang, baik itu lingkungan terdekat saya di keluarga, maupun lingkungan terdekat saya di manapun, dia berada....

Waktunya, memang tinggal 12 hari lagi... dan masih banyak hal yang bisa saya lakukan, terkait dengan sisa waktu yang tersedia, Tantangan didepan mata sudah terlihat begitu jelas & meminta "perhatian", misalnya Home dimana saya & keluarga harus tinggal di Jakarta, khususnya di Jakarta Utara. Ada hal yang menarik disini.... diwaktu yg bersamaan, anak2 ku semua sekolah di Jakarta Utara, Alhamdulillah saya pun, memiliki "sepetak tanah" di kebantenan & Daily Job saya dekat dengan lokasi tsb, Ortu Sty pun, sepertinya sdh at Home di Kebantenan... tinggal melakukan "Ikhtiar sekuat tenaga" guna mewujudkan HOME tersebut,... Insya Allah.

Arika (Putriku yg menjelang Baligh Remaja) saat inipun sedang bersosialisasi dengan teman2 nya yg berada pada tahap ekonomi menengah ke bawah, bahkan ada teman2 nya yg tinggal ngontrak di rumah petak2 an di Tg. Priok. Sayyid & Putri pun demikian juga, Sulthan sedang berkembang untuk bersosialisasi dengan "environtment" baru nya, dengan Shelin & Deo....

Ya Allah... telah engkau berikan sebuah "Taqdir" dalam kehidupan keluargaku sehingga sampai saat ini, demi sebuah perjalanan "Taqdir" kedepan yang Insya Allah jauh lebih baik, bukankah "Beribadah itu berimplikasi pada 2 dimensi, vertikal & horizontal....??" dan Ramadhan 1429H ini, Allah swt memberikan sisi Horizontal kehidupan keluarga kami, sedikit lebih lebar....

Subhanallah, wal Hamdulillah..Allahu akbar....semoga ini semua, memberikan "bekal" dan landasan kuat untuk saya secara pribadi... "Tinggal landas" menuju proses berikutnya, ...An Nafs Mut'mainah.... ketenangan, dengan jati diri sendiri....Insya Allah....

Tidak ada komentar: