Jumat, 23 Juni 2017

APA HASIL RAMADHAN-MU NAK....???

Bismillahirrohman nirrohim,

Saya ingin menulis ini buat anak2 ku .... sebagai Ayah, saya wajib mengingatkan mereka, walau kadang "Reminder" ini hanya tinggal Reminder saja, ibarat Jam Beker Kehidupan, dia berbunyi namun belum Bermakna. Tak apalah... AlQuran juga bilang kalau Proses "Pencarian" jati diri manusia ada tahap-tahap nya, buat anak-anak tentu beda dengan untuk anak Remaja, demikian juga seterusnya menjadi Dewasa, dan akan beda sekali manakala sudah mendekati pada usia mendekati MATI.


CERITA  TENTANG  HARAPAN.

Ramadhan kali ini buat saya secara pribadi sangat2 terkesan, karena "Target" saya untuk bisa memahami Alqur'an minimal membaca dan mengerti isi Al-Quran secara menyeluruh, Alhamdulillah bisa terlaksana tahun ini, sebuah cita-cita lama yang baru terwujud di Ramadhan 1438 kali ini. Mungkin ada "oleh-oleh" yang bisa saya berikan disini manakala saya mencoba melakukan nya dengan Penuh Semangat dalam membaca dan memahami arti Al Quran secara menyeluruh ini.


RAMADHAN - PERJALANAN  MENUJU  HARAPAN  BARU.

Ramadhan buat saya selalu menjadi sebuah periode Kickoff sekaligus untuk melakukan Outlook untuk 11 bulan kedepan, artinya dari Ramadhan-lah saya belajar untuk selalu meng-update Hardware sekaligus software diri saya sebagai manusia untuk meningkat dan berubah menjadi lebih baik setelah Ramadhan, begitu seterusnya, artinya... sudah berpuluh puluh tahun Ramadhan selalu menemani kehidupan kita, seandainya kita tidak menggunakan Ramadhan untuk sebuah Proses Review-sekaligus Forecast untuk 11 bulan kedepan, maka sangat disayangkan sekali... ia akan menjadi Ramadhan yang tak Berbekas.


MODIFIKASI  PERSPEKTIF, DALAM TIME  FRAME  11 BULAN KEDEPAN.

Untuk beberapa Ramadhan-Ramadhan lalu, saya sering mengupas dan menelaah nya dari Time Frame kehidupan Dunia saja, maklum...mungkin karena itu memang Taqdir nya, namun untuk Ramadhan kali ini, saya harus mengucapkan Takbir, Tahmid, sekaligus Tasbih untuk sebuah Cita-cita baru, minimal untuk 11 bulan kedepan...Sehingga Perspektif nya harus di Modifikasi dengan Time Frame 11 bulan kedepan. Apa itu ..??  Perspektif bahwa Hidup yg kita jalani saat ini, harus AKHIRAT  Tujuan nya.


DIBUTUHKAN  ALQUR'AN SEBAGAI  GOOGLE MAPS.

Setelah membaca dan memahami isi kandungan Al-Quran, ternyata memang Dunia itu ibarat "Permainan yg melelahkan" dan "Sangat-sangat singkat sekali Waktu yg diberikan" oleh Allah swt kepada kita semua. Mari kita coba lihat Usia kita..??? 40-50 tahun serasa seperti kemarin sore...Cepat sekali..!! sementara dengan perjalanan yang sangat-pendek ini, kok bisa kita Santai dan Tidak pernah Memikirkan Tujuan Abadi sesungguhnya dari HIDUP ini, benar sih... kita sudah berbuat semampu yang bisa kita lakukan...misalnya dengan menghabiskan waktu kita di kantor misalnya, toh itu juga sebuah Ibadah (Akhirat Tujuan nya). Bukan begitu maksud saya.

Justru karena "Waktu" yang kita miliki sangat2 terbatas itulah maka saya sering bilang kita perlu Maps (PETA), agar sampai ditempatnya dengan TEPAT & sesuai Schedule dan sesuai dengan TUJUAN yang diharapkan.  Ibarat Perjalanan "Pulang Kampung" untuk pertama kalinya ke JAWA misalnya, sementara kita cuma punya WAKTU 3 hari Libur (Shedule Pulang-Pergi dan mengunjungi Saudara-saudara di Kampung halaman misalnya). Kita butuh : Kendaraan - Ongkos  dan Jalur Mudik yang akan kita lalui Plus PETA (Google Maps).


ONGKOS  PERJALANAN  (MODAL) NYA ADALAH  :  WAKTU & ENERGY.

Kalau anda punya Waktu & Energy yang relatif cukup untuk sebuah "Perjalanan", maka anda bisa Bebas menentukan kapan dan dengan apa anda akan melakukan "Perjalanan" tersebut.  Artinya  Waktu & Energy adalah 2 hal Penting yang perlu dipersiapkan dalam semua Hal jika kita ingin "menikmati" setiap perjalanan dengan Aman dan Selamat. 

Demikian juga Perjalanan menuju Alam Akhir (Akhirat), anda tidak mungkin bisa menemukan Passion untuk menuju Alam Akhir tersebut, jika anda tidak "punya cadangan Energy" yang cukup dengan Dukungan Waktu yang dibutuhkan (terus terang saja, banyak diantara kita yang belum siap jika dipanggil Tuhan padahal tanda-tanda kalu kita masuk dalam antrian "Panggilan Tuhan" tiu sudah diberitahu dalam bentuk  "Rambut" nya yang sudah pada beruban, seperti saya kan...???).


TUJUAN  PERJALANAN NYA  ADALAH  KEMATIAN.

Bro... kalau anda dikasih Nafas lebih dari 40 th seperti saya, trus Tujuan Perjalanan Hidup nya masih di  UJUNG DUNIA  saja, menurut saya sih anda salah jalan bro....!!! (Provokator.com), mungkin ini salah satu Pencarian saya yang harus saya "Share" dari oleh-oleh Ramadhan kali ini.

Kematian yang saya maksud diatas juga bukan Mati Konyol dalam kamus Bonex misalnya, namun mengutip Surat Al-Qadr - Kematian dalam arti kata :  KEMATIAN SEMPURNA (NAFS AL-MUTHMAINAH), sebuah Cita Cita dan Harapan ideal semua Insan yang hidup di Dunia. Saya hanya mau bilang Anda menempuh Perjalanan menuju KEMATIAN atau anda tidak merencanakan nya, Toh sama-sama MATI juga khan...?? kalau Ujungnya sama, kenapa Ngga kita design saja sekalian.... (itu yang saya dapat dari Al-Quran dengan kata "jalan yg mendaki lagi sulit").


APA TARGET  KITA  DALAM  PERJALANAN  INI..??

Mungkin belum kapasitas saya untuk menjelaskan tentang Dapat apa kita dalam Perjalanan ini (dalam waktu yang singkat / Hidup Di Dunia), menuju Perjalanan Akhir di Ujung kematian, tapi saya hanya ingin mengutip Hadist, yg menerangkan bahwa Deposito yang bisa cair digunakan saat sampai pada Ujung Kematian cuma 3 :

1. Anak yg Sholeh (yg mendoakan) -> maka nya saya sering Nulis, biar Anak2 saya ingat..!!!

2. Harta yang terus mengalir untuk kebaikan -> maka nya kita harus punya Asset -> biar punya Kekuatan untuk "membentuk" aliran sungai Amal Jariah, spt Sekolah, masjid, atau Yayasan misalnya.

3. Ilmu yg bermanfaat yg bisa diamalkan orang -> Sehingga Orang2 tsb menjadi Orang yg Taqwa.
Oleh karens itu, jadilah seperti seorang "GURU" yang memberi Cahaya dalam kegelapan, bagi Alam Semesta.


Jadi.... mari kita ACTION, 11 bulan kedepan.... dengan TUJUAN, TARGET, DAN MODAL yang sudah kita miliki saat ini. 

Salam,

Sang Fakir
Di Ujung akhir Ramadhan 1438 H






Tidak ada komentar: