Rabu, 09 Januari 2013

Memulai dari akhir dalam pikiran.

Bismillahirrohman nirrohim,

Awal tahun 2013 ini, secara pribadi saya Focus main di Forex Trading kembali, setelah beberapa waktu yang lalu sempat "lost lumayan besar", dan sedikit membutuhkan waktu untuk pemulihan atas kekalahan tersebut. Setelah membaca beberapa buku trading Forex, tersadarkan kembali, ternyata dibutuhkan sedikitnya 5 kali kekalahan dalam bermain Forex, agar bisa menjadi ahli.

Kenapa Forex ..??

Ini sebuah pertanyaan mendasar, khususnya menjelaskan kepada diri saya sendiri, kenapa saya harus masuk kedunia yang telah membuat saya seakan akan berada dalam dunia nya sendiri, Focus dan "membuat diri saya seakan akan bisa terlena karena nya". Dari semua alasan yang bisa membuat saya masuk kembali ke Dunia Forex ini, saya fikir cuma 1.Transaksi ini ADIL. karena semua tergantung kepada kita, untuk menjual atau membeli, dan resiko tersebut tergantung kepada kita untuk menentukan nilai transaksi dan resiko yang harus diambil.

Untuk Apa saya harus memasuki Dunia Forex ini ...??
Me Manage Equity, yang saya miliki. maximal 10% Equity yang saya miliki harus di Manage dengan baik dan penuh dengan "tantangan yang sangat Dinamis", di arena Forex inilah, saya bisa "Bermain" dan mempertaruhkan Equity tersebut, agar terjaga dengan Dinamis.

Bagaimana Cara Bermain yang benar di forex ..??
Belajar dari pengalaman bertransaksi dengan Forex dimasa lalu, yang Focus pada "Margin / Profit", akhirnya saya tersadarkan, bahwa ternyata bertransaksi dalam Derivative market seperti ini, seharusnya dibuat Strategy layaknya seorang pelari Marathon, bukan pelari Sprinter. Standart Margin Level diatas 1000 % (Risk Management Standart) merupakan salah satu syarat seorang trader yang ber mental pelari Marathon.

Nilai transaksi diatas US$ 2 Trilyun / Hari, bisa dijadikan landasan berfikir, bahwa Market Forex adalah transaksi Komodity yang paling besar nilai nya di Dunia saat ini, dan seandainya saya berfikir layak nya Abdurrahman Bin Auf, dimasa Nabi Muhammad SAW dahulu, yang selalu menanyakan dimana ada Pasar, maka disitu dia akan mendapatkan Asset, maka saya ber ikhtiar, untuk bisa mendalami, mempelajari, mengamalkan, dan Focus di Dunia Forex kembali.

Insya Allah sampai Real Account tersebut dibuka nanti (Insya Allah saat terima "Hadiah" dari aktivitas di kantor nanti, saya akan buka US$ 1,000,- sebagai modal awal bertransaksi di dunia Forex ini kembali). Saya mencoba dan berjanji, untuk bisa menempatkan aktifitas ini dengan benar, tentunya dengan komitmen2 baru, antara lain :

1. This is a Game, jadi di th 2013, minimal saya hanya spent waktu 3 kali Focus, pertama saat session awal dipagi hari sebelum berangkat ke kantor, dengan melihat posisi dan Trend yang ada. Kedua saat session siang diwaktu istirahat, sambil melihat posisi dan trend yang ada (bisa searah atau bisa berbalik), dan di malam hari saat sesudah sholat isya, untuk melihat posisi trading effektif dimalam hari nya, Ibarat memancing Uang.

2. Jangan pernah membawa emosi di dalam trading Forex ini, agar pikiran dan Jiwa kita tetap Fresh dan sehat, karena transaksi ini ibarat Gelombang besar Samudra, sementara saya hanya selembar kertas yang bisa saja terombang ambing diatas nya.

3. Target hanya 10% per bulan, sebagai awal seorang trader yang berhasil di th 2013. Cukup.
4. Amati dan baca Fundamental Ekonomi Global sebagai dasar pengambilan keputusan Tarding
5. Jadikan ini sebagai HABIT, agar kehidupan kita bisa Dinamis.

Semoga ini menjadi mimpi awal yang baik dalam kehidupan kami ke depan nanti, Insya Allah,

Salam, 
RM

5.

Tidak ada komentar: