Selasa, 29 Januari 2013

TRANSAKSI DERIVATIVE DI KOMODITY EMAS

Bismillahirrohman nirrohim,

Satu hari sejak Ultah Istri saya, tepatnya tanggal 29 January 2013, saya memulai masuk untuk transaksi Derivative di Comodity Emas, ini bermula sejak saya melihat bahwa saya "sudah bisa dan terbiasa me manage Equity di Vallas dengan margin 1% per day, yang sudah mencapai target dalam transaksi harian yang saya lakukan kemarin, sehingga saya mencoba melihat adanya Comodity Emas sebagai salah satu instrument Investasi saya secara Derivative".

Pada transaksi awal yang saya lakukan, sempat shock juga, mengingat parameter dan nilai LOT yang diperdagangkan memang berbeda (transaksi emas diperdagangkan dengan ukuran 1 Lot = 100 Troys Emas, sementara transaksi Vallas diperdagangkan dengan Pairs dengan mata uang pasangan yg ada. Dengan demikian Parameter melihat transaksi emas adalah elihat berapa US Dollar kenaikan harga yang pada akhirnya mempengaruhi nilai transaksi yang kita lakukan.

Setelah masuk dalam Profit yang cukup lumayan di Comodity Emas (Compare dengan Vallas yang awal nya target 1% Margin / day) , saya jadi berfikir dan mencoba menganalisa Opportunity yang mungkin bisa dilakukan dalam memperdagangkan Equity yang ada, untuk masuk ke Comodity Emas. (untuk melakukan Difersifikasi Equity yang ada). Saya pada akhirnya berkesimpulan sbb :

1. Masuk di Bursa Comodity memang sangat menjanjikan, dibanding masuk dalam transaksi Vallas. dari sisi Margin yang didapat (Apalagi dalam kondisi Ekstrim, baik Bearish maupun Bullish).

2. Fluktuasi nilai harga yang tidak "Roller Coaster" membuat harga dalam Bursa Comodity (Emas)    Layak untuk dijadikan Backup, disaat titik Ekstrim terjadi. Titik Ekstrim ini biasanya berlangsung    manakala nilai Comodity Save Haven (US Dollar) sedang dalam koreksi yang cukup significant.

3. Modal yang digunakan dalam masuk dalam Bursa Comodity memang dibutuhkan Amount yang   relatif harus lebih besar (Karena untuk lot minimal =0.01 Lot di transaksi Comodity Emas) akan    ber-impack pada Margin Equity sekitar 10% (jika modal nya hanya US$ 100), kecuali modal nya    bernilai  US$ 1,000,-  maka transaksi minimal di Comodity dengan Lot terkecil hanya ber- impact    hanya sekitar 1% dari Equity.

4. Variasi 2 Segment market Derivative yang sedang saya jalani bisa memberikan dasar2 bagi saya    untuk memasuki Pasar Derivative ini dengan sungguh sungguh dan serius.\

5. Adrenalin untuk masuk dalam transaksi Comodity Emas, membuat saya semakin "tenang" dengan  hanya melihat pergerakan harga di H4 saja (sebelum nya untuk transaksi Forex di angka M15.

6. Focus pada tugas2 kantor bisa lebih baik dan Focus lagi.

Dalam 40 hari kedepan sejak hari ini, Insya Allah saya akan konsisten untuk terus belajar dan mempelajari dunia market Derivative ini, sebagai Investasi saya nanti kedepan nya. Insya Allah.


Salam,
RM

 

Tidak ada komentar: