Senin, 20 Juni 2011

Harapan di temani sedikit Kecemasan sebagai Orang tua

Bismillahirrohmanirrohim,

Musim liburan sekolah telah tiba, di Akhir Juni, th 2011 ini anak2 kami memasuki masa liburan sekolah, yang sudah dimulai Sabtu, 18 Juni kemarin. Walaupun bagi raport nya baru dimulai tanggal 25 Juni besok, yang akan berakhir tanggal 10 Juli 2011. Hampir 3 Minggu mereka libur ....

Dalam beberapa hari ini, saya melihat aktifitas mereka di rumah, ternyata Habit ON LINE menjadi trend saat ini buat mereka, Sulthan yang berusia 4 (empat) tahun pun mengalami nya dengan Didi Games dan Games.co.id yang menjadi favorite On lIne nya.

Kreatifitas yang mereka alami saat ini merupakan fenomena dan effek samping dari media On Line yang ada saat ini, ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku mereka yang terlihat dari keseharian mereka. Berjuta harapan dan Ribuan kecemasan lalu muncul dalam situasi yang serba borderless ini, Norma dan nilai2 lama yang menjadi landasan / pondasi kehidupan mereka akan terlihat sederhana ditengah Dinamika dan tampilan media yang aktraktif muncul pada indra mereka, sebuah Gelombang kehidupan yang sangat keras akan menerpa mereka dengan kuat, manakala mereka tidak bisa membentengi nya dengan kekuatan jati diri mereka yang susah payah kami bangun, sebagai orang tua nya.

"Ajari anak2 mu berenang jika kamu tinggal di tepi laut luas, atau kamu bisa minggir ke tengah gunung, bila itu pilhan mu" Ghazali ribuan tahun lalu sudah memprediksi hal tersebut, dan saat ini ... periode ini terjadi.

Anak2 ku.. dunia yang kamu hadapi saat ini, sangat jauh berbeda dibanding dunia ayah dan ibumu dahulu, kamu menerima informasi terlalu banyak dibanding kapasitasmu menerima aliran & filter nya, media TV, On Line, Komunikasi HP dll terlalu banyak mengandung sampah kehidupan, yang dikemas menjadi konsumsi kehidupan, dengan dalih Rating ... Ditengah semua itu Papah dan Mamah mu hanya bisa memberi pesan sederhana ... Temukan Jati diri mu secepat nya, Kuat kan pribadi mu ... Jadikan semua itu sebagai Energy Kehidupan yang bisa menggerakan Daya dan Tenaga kalian, se optimal yang dapat kalian lakukan. Waktu nanti yang akan menjawab ... bahwa Semua ini adalah Sunatullah, dan awal sebuah peradaban baru, awal dari dinamika baru, yang terjadi dari sudut kamar kehidupan kalian yang sangat pribadi. Karena dari situlah semua bisa terjadi. Di Kepala mu saat ini tersimpan Milyaran Memory dan Kapasitas Energy yang sudah bisa terkoneksi secara On Line keseluruh dunia, dengan mudah nya.

Insya Allah kami akan menemai kalian... minimal menggunakan "tools" yang tersedia saat ini.

Salam,
Rois Muslim

Tidak ada komentar: