Minggu, 22 Maret 2009

Memberi / Giving , adalah Rahasia untuk Kaya


Bismillahirrohman nirrohim,

Minggu lalu, adalah minggu yang menyedihkan untuk saya secara pribadi, karena muncul keraguan dari Ibuku sendiri, tentang sebuah kata ikhlas dalam amalan yang aku lakukan... subhanallah..Bukannya aku ingin menolak statement tsb, namun menurut hemat saya, Keichlasan adalah hubungan yg bersifat transendetal dengan Sang Khalik.. hubungan vertikal secara pribadi antara kita dengan Sang Maha Pemberi...

Rasa ini (sakit hati) atas statement yang muncul dari seorang Ibu, hanya bisa saya pasrahkan kepada sang Maha Pemberi, karena memang itu yang saya bisa lakukan... kalaupun hal itu dikaitkan dengan sakit yang diderita oleh Sayyid, rasa nya terlalu jauh & tidak related dengan amalan ichlas, kalaupun ada terkait dengan akhlak orang tua, mungkin ada benar nya, dan itu yang memang sedang dalam concern saya sebagai orang tua nya.

Ikhlas, dalam beramal, merupakan sebuah manifestasi dari sebuah "nilai" yang menjadi barometer kita sebagai mahkluk, manakala kita mendapatkan tingkat keikhlasan kita rendah, ataupun tidak ada, maka sangatlah penting untuk direnungkan kembali, tingkat keimanan kita sebagai mahluk. Seingat saya, sebuah ke Ikhlasan merupakan sebuah syarat dasar untuk kita jadikan sebagai pondasi dalam amal yang kita lakukan.

Amal Sholeh, ataupun sebuah pemberian, pada hakekatnya adalah sebuah "jalan" dimana kita akan menuju pada sebuah makna Taqwa sesungguhnya, dan itu sudah benar-benar saya sadari dari awal, sehingga apa yang kami lakukan, apa yang kami amalkan, harus semuanya bermuara pada landasan itu, sehingga dengan demikian kalau pun saat ini kita mendapatkan sebuah "Ujian yang kami hadapi" ... kami, khususnya saya, harus ihklas juga menerima nya, apalagi jika hal itu, merupakan sebuah jalan yang baik, untuk keberkahan saya sendiri... amin.

Saya hanya ingin sharing dan berbagi, khususnya untuk generasi anak-anak ku nanti, jadilah manusia yang selalu ikhlas, menerima apa yang terjadi dalam hidup. dan harus berani memberi dengan ikhlas, seluruh amal yang kita lakukan... karena pada dasarnya, kita tidak memiliki apa-apa...

Salam,
RM

Tidak ada komentar: