Senin, 28 Februari 2011

Diperlukan Jalan Baru, untuk sebuah Terobosan

Bismillahirrohmanirrohim,

Hampir beberapa bulan ini saya mencoba mencari jalan2 baru untuk mencapai perjalanan dari rumah ke kantor, yang menghasilka jarak tempuh tercepat dengan jarak perjalanan terpendek, dengan tingkat kemacetan terendah (effisien bahan bakar).

Alhamdulillah, saya bisa menemukannya, setelah mencoba beberapa alternatif yang terus menerus kami lakukan. Kunci nya menghindari jalan2 yang rawan traffic Jam, khususnya di jam2 sibuk saat pagi berangkat dan jam pulang kantor.

Kemacetan pertama adalah di Semper Barat menuju pelumpang, saya mencoba mengambil alternatif jalan memutar melewati Bogasari & depan Pelabuhan, Alhamdulillah lancar, dan menghemat beberapa menit perjalanan. Kemacetan kedua di Cawang menuju Jalan Otista, saya mencoba mengambil alternatif melewati Putaran Kalimalang, dan memotong jalur di Bidara Cina menuju Otista, ini juga bisa menghemat waktu sekitar 10-15 menit. Yang terakhir adalah jalan pintas memotong jalur Pertigaan Makam Kalibata, yang akhirnya saya temukan jalur memotorngnya lewat Jalan Rajawali Barat, tembus di samping makam Pahlawan Kalibata. Total Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam (melebihi batas waktu jika saya harus melewati jalur Tol JORR -yg macet nya di Pasar Minggu - Wr Buncit, bisa 1/2 Jam sendiri + Biaya Tol dan bahan bakar yg harus memutar).

3 jalur Macet yang akhirnya ketemu jalan pintas nya adalah sebuah awal pola berfikir saya tentang "Masalah", dimana setiap orang terkadang hanya melakukan sebuah "Perjalanan tanpa analisa", dan akhirnya menemukan "Jalan terbaik". Sebuah proses penemuan dan perbaikan terus menerus dari sebuah aktifitas keseharian.

Kunci dari semua itu adalah CARA menemukan jalan baru / Alternatif keluar dari "Masalah Rutin yang dihadapi", yaitu dengan melihat nya dari Kaca Mata yang lebih besar (Mata seekor burung Rajawali), yang melihat dari Cakrawala yang lebih luas, agar sudut pandang kita bisa lebih menyeluruh dan view lebih UTUH. Dengan demikian kita bisa keluar dari rutinitas dan tidak terjebak dengan aktifitas yg menyandera kehidupan kita.

Demikian juga hal nya HIDUP...bukankah Hari ini harus lebih baik dari Hari Kemarin, dan Hari Esok harus lebih baik dari hari ini... adalah sebuah keharusan dan Prinsip perjuangan Hidup kita ...!!!

Anak2 ku... ambil Hikmah dari Pelajaran Papah ini.

Salam,
Rois M

Tidak ada komentar: