Jumat, 09 Oktober 2009

Dinamika Bisnis Batu Bara


Bismillahirrohman nirrohim,

Awal sampai pertengahan Oktober 2009 ini, saya ditugaskan untuk site visit ke Customer, khususnya pengguna alat berat yang bergerak dalam bisnis Mining / Coal Mining di area Kalimantan.

Menarik untuk sekedar ditulis, karena dinamika nya semakin menarik, manakala melihat trend nya yg naik - turun layak nya Roller coaster, relatif ekstrim. Bayangkan saja, beberapa bulan yang lalu, masih dalam ingatan saya betapa "Bergairah nya" orang berbisnis Batu Bara, sampai sampai Komoditi ini hampir "menempel" pada Komoditi Minyak Bumi.

Trend menurun nya permintaan Batubara secara Global sudah diprediksi sejak awal 2009, yg merupakan imbas dari Global Krisis, akan tetapi di sektor Hilir, dampak itu saat ini baru terasa, karena memang ada "Jeda Waktu" terkait dengan Contract jangka panjang, maupun Term Delivery dari sektor Hulu (Finance) sampai sektor Hilir (Real sector).

Di sekitar Palaran - Samarinda, lokasi yg sangat strategis untuk Coal Mining (dekat dg Loading), terlihat banyak sekali tumpukan Batubara yang siap untuk dijual, namun SEPI PEMBELI.
Itulah dinamika Bisnis Batubara, khususnya untuk para pemain baru, yg belum mengenal nya, ibarat Pelari Marathon, pemain Tambang ini seharusnya bukan pelari type sprinter. Kalau tidak mau ngos-ngosan ditengah arena.

Salam,
RM

Tidak ada komentar: